Rabu, 06 Juli 2011

Ali Maschan Hargai Sikap Kiai Zainuddin Tinggalkan Dunia Politik

JAKARTA - Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ali Maschan Moesa menghargai sikap yang diambil KH. Zainuddin MZ yang kembali berdakwah dan meninggalkan dunia politik sebelum dai kondang tersebut meninggal dunia.

"Sebagai politisi akhirnya beliau menyesal juga. Memang bukan dunia beliau untuk menjadi politisi sehingga dia kembali ke dunia yang khitahnya adalah berdakwah. Sampai akhir hayatnya dia ingin kembali berdakwah seperti semula. Beliau temukan kedamaiaan di situ," katanya, di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (5/7). Pernyataan yang disampaikan Ali Maschan itu pernah diutarakan 'Dai Sejuta Umat' itu sebelum wafat.

Anggota Komisi VIII DPR yang juga kader Nahdlatul Ulama (NU) memiliki kedekatan dengan Zainuddin MZ. "Zaman dulu beliau kan termasuk orang populer, punya pengaruh besar. Dia mencoba dengan kebesarannya itu membuat partai. Akhirnya ia harus berhenti dari duni politik dan kembali ke dunianya, berdakwah kepada masyarakat, bangsa, dan negara," ujarnya.

Diakui Ali, Zainuddin pernah mengatakan agama itu tidak hanya urusan dunia dan akhirat, tetapi perlu juga memperjuangkan agama melalui politik. Akan tetapi beliau selalu menegaskan bahwa politik itu bukan suatu tujuan. "Politik itu kekuasaan instrumen saja untuk agama. Tetapi jangan sampai dijadikan agama sebagai tujuan politik, dia mencoba untuk itu. Kita doakan mudah-mudahan beliau khusnul khotimah," pungkasnya.(jurnalparlemen.com0

Berita Terkait