Jumat, 22 Juli 2011

Kunjungan Ke Penampungan, TKI Perlu Belajar Bahasa Arab

JAKARTA - Sejumlah pengurus dari Dewan Pengurus Pusat Pergerakan Perempuan Kebangkitan Bangsa (DPP-PPKB) melakukan kunjungan ke tempat penampungan tenaga kerja Indonesia di Cibubur, Jawa Barat. Tempat penampungan TKI juga mengajarkan bahasa arab.

“Kami berkunjung ke tempat penampungan TKI, baik juga, ada pelatihan bahasa arab sebelum diberangkatkan,” kata Ari Marwan, Istri Ketua Fraksi PKB DPR RI, di Cibubur, Jawa Barat, Rabu (20/7).

Saat melakukan kunjungan bersama seluruh pengurus dan juga dari pihak Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi tempat penampungan tersebut dinilai cukup layak bagi TKI karena banyaknya pelatihan yang diberikan.

Tempat penampungan TKI tersebut dikelola oleh PT Youmba Diba Abadi sebagai pelaksana penempatan tenaga kerja Indonesia. Di tempat ini, kata Ari, ditampung sekitar 100 lebih TKI, tetapi daya tampung disini mencapai ribuan TKI.

Ari mengatakan ketika sedang berkunjung melihat bagaimana proses pelatihan seperti cara memandikan balita, merapikan tempat tidur, dan juga pelatihan memasak. “Cukup kompeten, karena semua yang diajarkan dalam pelatihan agar dia ditempatkan nantinya,” katanya.

Sementara itu, Chusnunia, anggota Fraksi PKB DPR RI berpendapat banyaknya tempat penampungan yang dikelola oleh PT swasta diharapkan mampu menjadikan TKI-TKI di Indonesia mandiri, mampu, serta profesional dalam pekerjaannya.

Chusnunia mengatakan banyaknya kondisi TKI yang bekerja di luar negeri, terutama Arab Saudi tidak profesional dan mandiri. Hal ini membuat TKI tersebut terkena banyak masalah hukum yang harus ia hadapi.

“Tempat penampungan TKI di Cibubur Jawa Barat ini, memang konsen diberangkatkan ke negara Arab Saudi, maka lebih baik, agar belajar budaya, kondisi hukum, serta ketrampilan yang profesional, seperti belajar bahasa arab” ujarnya.

Berita Terkait