Selasa, 02 Agustus 2011

Jamkesda Telat Bayar Klaim RSUD Mengeluh

JAKARTA - Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang selama ini diandalkan untuk urusan kesehatan, ternyata menyimpan persoalan juga. Salah satunya yang terjadi di Provinsi Lampung.

Tepatnya di Bandar Lampung. Di kota itu, dana Jamkesda yang seharusnya diklaim pada pemerintah Provinsi, belum dibayar. Hasilnya RSUD kesulitan pembiayaan.

Hal it ditemukan anggota Komisi IX yang melakukan Kunjungan Kerja ke Lampung, akhir pekan lalu. “Dalam kunjungan itu, perwakilan RSUD Abdoel Moeloek mengeluh pada DPR,” kata anggota Komisi IX dari FPKB Chusnunia, Minggu (31/7) sore.

Tidak tanggung-tanggung, klaim yang belum dibayar pemerintah daerah kepada RSUD itu mencapai Rp 7 miliar. Hal itu tidak seimbang dengan beban yang harus dilakukan RSUD dalam mengurus masyarakat yang sedang sakit.

Dalam sistem yang dijalani oleh RSUD, untuk masyarakat yang sedang sakit, tidak harus menunjukkan Kartu Jamkesda atau Jamkesmas, melainkan cukup dengan menunjukkan kartu miskin saja. (sumber:Jurnalparlemen.com)

Berita Terkait